Blogger Nurlaila,S.Pd,M.Pd

Senin, 29 Agustus 2022


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU SOSIAL
 KODE MATA KULIAH  :  PAUD 705
SKS                                  :  3
DOSEN PENGASUH      : NURLAILA. S.Pd, M.Pd.
KELAS/SEMESTER        : VII
RUANG                           : 8A &7A



Pertemuan
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Metode dan teknik mengajar dan sumber

1








Kemampuan dalam mengembangkan social anak usia dini

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan batasan tentang ilmu soial ecara umum
2.   Menjelaskan factor-faktor ilmu sosial

Ø  ilmu sosial secara umum.

Ø  Membahas secara singkat ilmu sosial secara umum.

Ceramah/ presentasi



2
 Memahami secara singkat batasan pengertian sosial emosi agama dan moral bagi anak usia dini
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
3.   Menjelaskan tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini
4.   MenjelaskanPerbedaan perkembangan menurut usia anak
5.   Menjelaskan pandangan para ahli tentang pengembangan sosial emosi agama dan moral

Ø  Tingkat pencapaian perkembangan anak
Ø  Tingkat pencapaian perkembangan  anak Usia 3-4 tahun
Ø  Tingkat pencapaian perkembangan  anak Usia 4-6 tahun
Ceramah/ presentasi

Video anak sedang bermain balok

Melaksanakan tugas

3/4/5/6
  • Pengembangan karakteristik anak usia dini
  • Memahami pentingnya Penerapan karakteristik pada anak usia dini
  • Memahami keterkaitan perkembangan sosial dan kecerdasan emosi dengan perkembangan lainnya
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
  1. Menjelaskan perlunya  pendidikan karakter anak usia dini
  2. Menjelaskan dan mengidentifikasi klasifikasi perkembangan sosial dan kecerdasan  emosi anak
  3. Keterkaitan perkembangan sosial dan SQ dan IQ dengan aktivitas dan kehidupan anak
Ø  Penerapan Pendidikan karakter  untuk anak usia dini
Ø  Beberapa pendapat ahli tentang pendidikan karakter bagi anak usia dini.
Ø  Hubungan perkembangan social dan SQ dan IQ
Ø  Pentingnya pembelajaran karakter pada anak usia dini
Ø  Pendapat para ahli tentang pembentukan karakter.
Ø   perkembangan social dan SQ dan IQ
Ceramah/ presentasi



7/8/9
  • Memahami berbagai faktor dan kondisi yang mempengaruhi sosial emosi anak
  • Menumbuhkan kecerdasan Perkembangan emosi anak
  • Memahami faktor penghambat perkembangan emosi anak
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1.      Menjelaskan berbagai faktor yang merupakan pendukung dan yang mungkin dapat menjadi penghambat perkembangan sosial emosi anak
2.      Menjelaskan hal-hal yang terkait dengan kondisi pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosi anak


Ø  Perkembangan emosi anak faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosi  anak usia dini

Ø  . Faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosi  anak usia dini

Ceramah/ presentasi



10/11
1.      Memahami pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
2.      Menjelaskan ruang lingkup pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini
3.      Menjelaskan sifat-sifat pemahaman anak usia dini pada nilai agama dan moral
4.      Menjelaskan pokok materi untuk pengembangan agama dan moral
1.      Mengkaji karakteristik, perkembangan soaial emosi agama dan moral AUD
2.      Mampu menyajikan keterkaitan perkembangan sosial emosi agama dan moral dengan aktivitas dan kehidupan anak
1. Karakteristik perkembangan sosial emosi agam dan moral anak usia dini
2. Keterkaitan sosial emosi agama dan moral dengan aktivitas kehidupan anak
Ceramah/ presentasi



12
5.      UTS

UTS
UTS


13/14/15
Memahami Teknik komunikasi dan komunikasi yang efektif pada anak usia dini
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
  1. Menjelaskan tentang teknik komunikasi pada anak usia dini
  2. Menjelaskan tentang komunikasi yang efektif pada  anak usia dini
3.      Mampu berkomunikasi dengan anak usia dini
4.      Mengenal komunikasi ferbal, non verbal, dan efektif
komunikasi yang efektif,  Komunikasi verbal, dan non verbal
Ceramah/ presentasi




16/17/18
Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai agama dan moral bagi anak usia dini
  1. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
  2. Menjelaskan ruang lingkup pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini
  3. Menjelaskan sifat-sifat pemahaman anak usia dini pada nilai agama dan moral
  4. Menjelaskan pokok materi untuk pengembangan agama dan moral
1.      Mengkaji ruang lingkup pengembangan nilai agama dan moral
2.      Mengkaji sifat pemahaman AUD pada nilai agama dan moral
3.      Mengkaji pokok materi agama dan moral AUD
1.      Ruang lingkup pengembangan agam dan moral
2.      Pemahaman AUD pada nilai agam dan moral
Ceramah/ presentasi



19/20/
Memahami tentang prinsip pengembangan sosial emosi pada anak usia dini
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
1.      Menjelaskan tentang prinsip pengembangan sosial emosi pada perkembangan anak dengan pendekatan DAP ( Developmentally Appropriate Practices)
2.      Menjelaskan tentang prinsip pengembangan sosial emosi dengan menggunakan pendekatan menyeluruh (holistic)
1.      Mengkaji prinsip perkembangan sosial emosi dengan pendekatan DAP
2.      Mengkaji prinsip sosial emosi dengan menggunakan pendekatan menyeluruh

1.      Pendekatan DAP pada AUD
2.      Pendekatan menyeluruh pada AUD
Ceramah/ presentasi



21
Praktek/Tugas

Implimentasi Kosep terpadu praktek DAP

Pembelajaran  cara yang patut dan tidak patut
Praktek Pembelajaran  cara yang patut dan tidak patut

1. Ilmu sosialhttp://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_sosial 22-9-2011

2. Komunikasi SuatuPengantar oleh Prof. Deddy Maulana, M. A, Ph. D

1. Peraturan menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009

3. Kurikulum TK Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran  di TK Kemendiknas tahun 2010

4. Pendidikan Kaarakter  solsi yang tepat untuk membangun bangsa oleh Ratna Megawangi. Ph. D

5. Pendidika yang Patut dan Menyenangkan oleh Ratna Megawangi, Ph. D dkk

6. Pendidikan Holistik oleh Ratna Megawangi, Ph. D dkk

7. Membedah psikologi Bermain Anak oleh Dwi Sunar Prasetyono
8. Haber j.dkk. 3 nd.(1987). Comprehensive Psychiatric Nursing. New York: Mc Graw-Hill Book Company

9. Permendik nas R.I No. 58


Tidak ada komentar:

Posting Komentar