SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ILMU SOSIAL
KODE MATA KULIAH : PAUD 705
SKS : 3
DOSEN PENGASUH : NURLAILA. S.Pd, M.Pd.
KELAS/SEMESTER : VII
RUANG : 8A &7A
Pertemuan | Kompetensi Dasar | Indikator | Pokok Bahasan | Sub Pokok Bahasan | Metode dan teknik mengajar dan sumber | ||||||
1 | Kemampuan dalam mengembangkan social anak usia dini | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 1. Menjelaskan batasan tentang ilmu soial ecara umum 2. Menjelaskan factor-faktor ilmu sosial | Ø ilmu sosial secara umum. | Ø Membahas secara singkat ilmu sosial secara umum. | Ceramah/ presentasi | ||||||
2 | Memahami secara singkat batasan pengertian sosial emosi agama dan moral bagi anak usia dini | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat: 3. Menjelaskan tingkat pencapaian perkembangan anak usia dini 4. MenjelaskanPerbedaan perkembangan menurut usia anak 5. Menjelaskan pandangan para ahli tentang pengembangan sosial emosi agama dan moral | Ø Tingkat pencapaian perkembangan anak | Ø Tingkat pencapaian perkembangan anak Usia 3-4 tahun Ø Tingkat pencapaian perkembangan anak Usia 4-6 tahun | Ceramah/ presentasi Video anak sedang bermain balok Melaksanakan tugas | ||||||
3/4/5/6 |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
| Ø Penerapan Pendidikan karakter untuk anak usia dini Ø Beberapa pendapat ahli tentang pendidikan karakter bagi anak usia dini. Ø Hubungan perkembangan social dan SQ dan IQ | Ø Pentingnya pembelajaran karakter pada anak usia dini Ø Pendapat para ahli tentang pembentukan karakter. Ø perkembangan social dan SQ dan IQ | Ceramah/ presentasi | ||||||
7/8/9 |
| Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat 1. Menjelaskan berbagai faktor yang merupakan pendukung dan yang mungkin dapat menjadi penghambat perkembangan sosial emosi anak 2. Menjelaskan hal-hal yang terkait dengan kondisi pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosi anak | Ø Perkembangan emosi anak faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosi anak usia dini | Ø . Faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial emosi anak usia dini | Ceramah/ presentasi | ||||||
10/11 | 1. Memahami pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat 2. Menjelaskan ruang lingkup pengembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini 3. Menjelaskan sifat-sifat pemahaman anak usia dini pada nilai agama dan moral 4. Menjelaskan pokok materi untuk pengembangan agama dan moral | 1. Mengkaji karakteristik, perkembangan soaial emosi agama dan moral AUD 2. Mampu menyajikan keterkaitan perkembangan sosial emosi agama dan moral dengan aktivitas dan kehidupan anak | 1. Karakteristik perkembangan sosial emosi agam dan moral anak usia dini 2. Keterkaitan sosial emosi agama dan moral dengan aktivitas kehidupan anak | Ceramah/ presentasi | ||||||
12 | 5. UTS | UTS | UTS | ||||||||
13/14/15 | Memahami Teknik komunikasi dan komunikasi yang efektif pada anak usia dini | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat
| 3. Mampu berkomunikasi dengan anak usia dini 4. Mengenal komunikasi ferbal, non verbal, dan efektif | komunikasi yang efektif, Komunikasi verbal, dan non verbal | Ceramah/ presentasi | ||||||
16/17/18 | Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai agama dan moral bagi anak usia dini |
| 1. Mengkaji ruang lingkup pengembangan nilai agama dan moral 2. Mengkaji sifat pemahaman AUD pada nilai agama dan moral 3. Mengkaji pokok materi agama dan moral AUD | 1. Ruang lingkup pengembangan agam dan moral 2. Pemahaman AUD pada nilai agam dan moral | Ceramah/ presentasi | ||||||
19/20/ | Memahami tentang prinsip pengembangan sosial emosi pada anak usia dini | Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat 1. Menjelaskan tentang prinsip pengembangan sosial emosi pada perkembangan anak dengan pendekatan DAP ( Developmentally Appropriate Practices) 2. Menjelaskan tentang prinsip pengembangan sosial emosi dengan menggunakan pendekatan menyeluruh (holistic) | 1. Mengkaji prinsip perkembangan sosial emosi dengan pendekatan DAP 2. Mengkaji prinsip sosial emosi dengan menggunakan pendekatan menyeluruh | 1. Pendekatan DAP pada AUD 2. Pendekatan menyeluruh pada AUD | Ceramah/ presentasi | ||||||
21 | Praktek/Tugas | Implimentasi Kosep terpadu praktek DAP | Pembelajaran cara yang patut dan tidak patut | Praktek Pembelajaran cara yang patut dan tidak patut | |||||||
1. Ilmu sosialhttp://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_sosial 22-9-2011 | |||||||||||
2. Komunikasi SuatuPengantar oleh Prof. Deddy Maulana, M. A, Ph. D | |||||||||||
1. Peraturan menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 | |||||||||||
3. Kurikulum TK Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di TK Kemendiknas tahun 2010 | |||||||||||
4. Pendidikan Kaarakter solsi yang tepat untuk membangun bangsa oleh Ratna Megawangi. Ph. D | |||||||||||
5. Pendidika yang Patut dan Menyenangkan oleh Ratna Megawangi, Ph. D dkk | |||||||||||
6. Pendidikan Holistik oleh Ratna Megawangi, Ph. D dkk | |||||||||||
7. Membedah psikologi Bermain Anak oleh Dwi Sunar Prasetyono 8. Haber j.dkk. 3 nd.(1987). Comprehensive Psychiatric Nursing. New York: Mc Graw-Hill Book Company | |||||||||||
9. Permendik nas R.I No. 58 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar